Minggu, 14 April 2013

Hal-Hal Penting Diperhatikan Dan Dihindari Saat Menyusui

Bijaksana sekali jika ibu mempelajari dan kemudian mencoba menerapkan selama masa kehamilan dan menyusui tentang hal-hal yang dapat menguntungkan dan merugikan dalam menyusui. Kesibukan di tempat kerja terkadang membuat ibu lupa dengan dirinya. 

Untuk menunjang kuantitas dan kualitas ASI, ibu harus banyak makan dan minum. Kalau biasanya frekuensi makan 3 x sehari menjadi 5 x sehari. Demikian juga dengan minum, jika biasanya frekuensi minum 8 x / hari menjadi minimum 12 x / hari. Disamping itu juga makanlah makanan yang bergizi. Untuk menghemat dan supaya kebersihan tetap terjaga dan gizinya bisa dipantau, ibu bisa membawa makanan sendiri dari rumah. Perhatikan jam istirahatnya dalam sehari. Aturlah waktu Anda sedemikian rupa sehingga kondisi tubuh tetap sehat. Ibu juga harus mengetahui cara menyusui yang baik dan benar. Perbanyaklah menambah pengetahuan tentang cara pemberian ASI yang baik dan benar serta materi lain yang masih terkait, misalnya pemijatan bayi, dan lain sebagainya. 

Sedangkan hal-hal yang perlu dihindari adalah minum obat apapun tanpa seijin dokter. Segala macam obat sebelum dikonsumsi sebaiknya dibicarakan terlebih dahulu dengan dokter. Merokok atau minum alkohol juga perlu dihindari. Demikian pula dengan minum kopi atau teh secukupnya saja. Keduanya mengandung kafein yang berakibat ibu dan bayi akan mudah terbangun dari tidurnya. Hindari pula akan makanan yang menimbulkan alergi. Makanan yang menimbulkan alergi bila dikonsumsi ibu dapat menimbulkan ganguan pada kulit bayi. Penggunaan pestisida di rumah atau di kebun juga harus dijauhkan dari ibu menyusui. Tanaman seperti sayur dan buah-buahan biasanya menggunakan pestisida. Oleh karena itu sebelum kita makan sebaiknya dicuci terlebih dahulu. Sebagai tindakan preventif yang lain hindari tempat atau lingkungan yang memungkinkan terpapar dengan bahan kimia yang berbahaya karena akan berdampak negatif pada ibu menyusui. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dalam Lingkaran Kami