Rabu, 03 April 2013

Hubungan perilaku orang tua dengan kejadian obesitas pada anak prasekolah (3-5 tahun)

ABSTRAK

Obesitas adalah masalah global yang terjadi oleh masyarakat dunia baik di negara maju dan berkembang termasuk Indonesia. Berdasarkan survei pertama, itu menunjukkan bahwa banyak anak-anak prasekolah yang mengalami obesitas, dan salah satu penyebabnya adalah pengetahuan, sikap dan perilaku orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa ada hubungan antara pengetahuan, sikap dan perilaku orang tua dengan kejadian obesitas.

Desain penelitian corelasical analitik menggunakan Perspektif cross sectional, menggunakan metode pengambilan sampel random sederhana. Sampel diambil oleh 44 responden yang orang tua dengan anak-anak prasekolah yang mengunjungi taman flora kota Surabaya pada Juni 2011. Penelitian ini diambil dengan menggunakan kuesioner dan observasi. Setelah itu ditabulasi, data dianalisis dengan menggunakan uji regresi logistik ganda.

Penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua itu pengetahuan dengan nilai a' = 0,027 <0,05, sikap orang tua terhadap nilai a' = 0,016 <0,05 dan perilaku orang tua dengan nilai a' = 0,007 <0,05, itu berarti ada relasi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pengetahuan, sikap dan perilaku orang tua dengan kejadian obesitas pada anak-anak prasekolah.

Berdasarkan hasil penelitian, masyarakat harus meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku mengenai pemberian asupan gizi dan aktivitas yang sesuai untuk anak-anak prasekolah untuk berat badan anak bisa terkontrol dengan baik sehingga obesitas pada anak-anak prasekolah dapat dicegah sedini mungkin melalui peningkatan pendidikan tenaga kesehatan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dalam Lingkaran Kami