Senin, 29 April 2013

Kebutuhan Ibu Pada Masa Kehamilan

  1. Nutrisi
Pada kehamilan Trimester I biasanya nafsu makan menurun, sering timbul rasa mual dan ingin muntah, namun makan ibu hamil harus diberikan seperti biasa. Makanan dinerikan dalam porsi kecil tapi sering yang segar-segar. Selama hamil muda dengan keluhan mual muntah disarankan untuk menghindari makanan yang merangsang mual muntah, seperti makanan yang asam, pedas dan banyak mengandung minyak, disarankan juga untuk menghindari makanan yang banyak mengandung zat pewarna dan bahan pengawet..
  1. Jadwal Istirahat dan Tidur
Istirahat dan tidur yang teratur dapat meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani untuk kepentingan pertimbangan dan pertumbuhan janin selama 12 jam.
  1. Kebersihan Diri
·         Mandi setiap hari dapat merangsang sirkulasi, menyegarkan dan menghilangkan kotoran tubuh.
·         Vulva, selama kehamilan vulva mengalami perubahn-perubahan kebersihan vulva harus dijaga dengan sering agar tetap bersih.
·         Pakaian, pakaian yang dianjurkan adalah pakaian yang longgar dan terbuat dari katun sehingga mempunyai kemampuan menyerap. Pakaian dalam (BH) harus sering diganti untuk menjaga kebersihan dan menghalangi suasana yang lembab disekitar lipatan.
  1. Koitus
Pada umumnya koitus diperbolehkan pada masa kehamilan, jika dilakukan dengan hati-hati. Jika mempunyai riwayat abortus, sebaiknya koitus ditunda sampai kehamilan 16 minggu.
(Rustam. 1998. Hal : 59-62)

  1. Imunisasi
Vaksinasi dengan TT dianjurkan untuk dapat menurunkan angka kematian bayi karena “infeksi” tetanus. Vaksinasi Tetanus Toksoid dilakukan 2 kali selama hamil. Namun, jika ibu hamil sudah pernah mendapatkan suntikan TT pada kehamilan sebelumnya atau pada waktu akan menjadi pengantin, maka cukup diberikan sekali selama kehamilan. Suntikan TT melindungi ibu dan bayinya dari penyakit tetanus neonatorium.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dalam Lingkaran Kami