Kamis, 18 April 2013

Panwaskab Ingatkan Kades Bacaleg


Panwaskab Ingatkan Kades Bacaleg

Mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang mensyaratkan agar Kepala Desa (Kades) mengundurkan diri dari jabatannya saat akan maju sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg). Panitia Pengawas Kabupaten (Panwaskab) Bojonegoro juga mengultimatum para Kades Bacaleg agar mendaftar sesuai prosedur. 

Sebagaimana diketahui, berdasar pada PKPU Nomor 7 Tahun 2013 yang dirubah dengan PKPU No. 13/2013 pasal 19 huruf i ke-4 dijelaskan Kades Bacaleg bisa mendaftar asal ada surat pengunduran diri yang tidak dapat ditarik kembali saat menjabat kepala desa dan perangkat desa. Aturan itu mengacu pada UU No.8 Tahun 2012, bahwa Kades tidak boleh kampanye. 

"Kita terus mengingatkan, khususnya kepada KPUK Bojonegoro untuk lebih jeli saat melakukan penelitian berkas nanti," kata Ketua Panwaskab Bojonegoro, Mustofirin. 

Dijelaskan, saat melakukan verifikasi nanti, pihak Panwaskab juga akan melihat secara seksama jika ada kabar Kades yang menjadi Bacaleg. Jika memang ada dan tidak mengundurkan diri, maka akan dikenakan teguran keras. "Jauh hari, kita sudah memberitahu ke KPUK, agar benar-benar selektif," sambungnya. 

Sementara itu, kabar di lapangan menyebut, banyak Kades yang ikut maju sebagai Bacaleg. Khusus di Daerah Pemilihan (Dapil) I Bojonegoro, Trucuk, Kapas dan Dander. Serta Dapil III, Baureno, Kepohbaru, Kedungadem dan Sugihwaras. 

Sebelumnya, Bagian Hukum KPUK Bojonegoro, Abdim Munib juga telah mewanti-wanti agar caleg dari unsur Kades dan perangkat desa harus melalui tahapan-tahapan yang sesuai dengan PKPU. Salah satunya mengundurkan diri dari jabatannya. 

Sebab, prosesnya tidak bisa disamakan dengan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) beberapa waktu lalu. KPUK sudah memberikan penjelasan saat ada Kades atau perangkat desa yang bertanya mengenai syarat dan ketentuan untuk maju sebagai caleg. Karena, sejak lama sudah banyak yang menanyakan boleh tidak menjadi Caleg saat jabatan Kades atau perangkat desa masih melekat. [ana/lis]

sumber: blokbojonegoro.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dalam Lingkaran Kami