Minggu, 16 Juni 2013

Gambaran pengetahuan ibu post partum Tentang kejadian mastitis dan penanganannya

ABSTRAK

Mastitis adalah infeksi dan peradangan pada mamae yang terjadi pada masa nifas(Sarwono prawirohardjo,2005 : 701)). Sebagian besar ibu post partum rata-rata dalam beberapa minggu pertama kehidupan bayinya mengalami masalah pemberian ASI. Padahal sebelumnya para ibu lebih memilih untuk menyusui bayi mereka, namun niat mereka memudar salah satunya disebabkan oleh peradangan pada payudara (mastitis). Keadaan ini dapat menyebabkan malas meneteki dab beralih pada susu botol serta hal ini dapat menyebabkan bayi bingung puting ketika ditetekkan kembali. Seharusnya ibu post partum dapat mencegah dan mendeteksi adanya mastitis. Namun pada kenyataannya banyak ibu post partum yang masih belum mengetahui tentang mastitis dan penanganannya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan ibu post partum tentang kejadian mastitis dan penanganannya di BPS Eny Wihayati Desa Ngumpak dalem Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro dengan jumlah responden 20 orang. Peneliti menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk memaparkan peristiwa yang terjadi pada masa kini. Pemilihan sampling dengan purposive sampling dengan jumlah sampel 20 responden.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan ibu post partum tentang kejadian mastitis baik sebanyak 3 orang (15%) tingkat pengetahuan ibu post partum tentang kejadian mastitis cukup sebanyak 11 orang( 55%). tingkat pengetahuan ibu post partum tentang kejadian mastitis kurang sebanyak 6 orang ( 30 %).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar ibu post partum memiliki pengetahuan yang cukup tentang kejadian mastitis di BPS Eny Wihayati Di Desa Ngumpak dalem Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro



Kata Kunci : Kejadian mastitis dan penanganannya, Pengetahuan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dalam Lingkaran Kami