Minggu, 16 Juni 2013

Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Motorik Halus Dan Motorik Kasar Pada Anak Usia 3-5 Tahun

Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat di ramalkan, sebagai hasil proses pematangan. Perkembangan pada anak meliputi beberapa aspek salah satunya adalah perkembangan motorik kasar dan motorik halus. Tujuan Penelitian untuk mengetahui gambaran pengetahuan tentang perkembangan motorik halus dan motorik kasar pada anak usia (3-5) tahun di PLAYGROUP Taman Hati Desa Dander Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro.

Penelitian menggunakan deskriptif, dengan populasi ibu yang mempunyai anak usia 3-5 tahun di PLAYGROUP Taman Hati Desa Dander Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro sebanyak 30 responden. Tehnik sampling menggunakan Porposive sampling dengan jumlah sampel 25 responden yang termasuk krikteria inklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner kemudian dianalisa dengan analisa deskriptif (mean, median, modus, minimum, maksimum dan prosentase).

Hasil penelitian gambaran pengetahuan ibu tentang perkembangan motorik halus dan motorik kasar pada anak usia  (3-5 tahun) dengan nilai mean = 5,16, nilai modus = 4 dan nilai median = 5,00 terdapat 11 (73,3%) responden berpengetahuan belum baik.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka  pengetahuan ibu di PLAYGROUP Taman Hati Desa Dander Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro perlu meningkatkan pengetahuannya tentang perkembangan motorik halus dan motorik kasar pada anak usia 3-5 tahun dengan rutinya datang ke posyandu untuk mengikuti berbagai penyuluhan khususnya tentang cara memantau perkembangan motorik halus dan motorik kasar anak.

Kata Kunci :      Pengetahuan, Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus, Anak Usia 1-3 tahun




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dalam Lingkaran Kami