Minggu, 16 Juni 2013

Gambaran Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari)


ABSTRAK 
Masa remaja putri berkisar antara usia 15-18 tahun. Masa pubertas adalah suatu tahap dalam perkembangan dimana terjadi kematangan alat-alat seksual dan tercapai kemampuan reproduksi. Karena adanya perubahan tersebut dibutuhkan suatu pengetahuan tentang organ reproduksi wanita terutama tentang payudara, karena pada payudara itu sering terjadi kelainan seperti halnya tumor jinak pada payudara, kanker payudara dan lain sebagainya. Untuk mendeteksi adanya kelainan itu dilakukan upaya-upaya tertentu salah satunya melakukan pemeriksaan payudara yang dilakukan sendiri atau yang disebut pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Tujuan penelitian ini adalah mengetahuai tingkat pengetahuan remaja putrid tentang pemeriksaan payudara sendiri (SADARI).

Desain penelitian ini adalah deskriptif, dengan populasi yaitu kelas XI SMA negeri 1 Rengel. Dengan menggunakan purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 92 responden sesuai dengan kriteria inklusi. Varibel penelitian ini adalah tingkat pengetahuan remaja putri tentang pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Instrument penelitian menggunakan kuesioner kemudian diolah melalui editing, secoring dan tabulating serta diprosentase.

Hasil penelitian ini adalah sebagian besar responden yaitu 73 responden (79,35%) mempunyai tingkat pengetahuan baik. Sehingga remaja putri diharapkan mau mencari dan menambah pengetahuannya tentang kesehatan wanita termasuk tentang pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) yang penting untuk masa depan mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti penyuluhan yang diadakan petugas kesehatan di daerah mereka sendiri atau di sekolah, selain itu juga dapat mengakses informasi dari sumber lain seperti radio, televisi, surat kabar, majalah dan lain-lain.





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dalam Lingkaran Kami