Kamis, 13 Juni 2013

Hubungan Pengetahuan Aplikatif Ibu Tentang Menu Seimbang Dengan Kenaikan Berat Badan Bayi 6 -12 Bulan

ABSTRAK

Masalah gizi kurang masih tersebar luas di negara berkembang termasuk di Indonesia, masalah gizi kurang ini banyak terjadi pada golongan yang rawan yaitu bayi.Masalah tersebut sangat dipengaruhi oleh pengetahuan ibu dalam menyusun menu seimbang dan pengetahuan akan makanan yang bergizi yang baik unntuk bayi.Kenaikan berat badan dan status gizi bayi sangat bergantung dari peran serta ibu dalam memberikan makanan pada bayi dan kandungan gizi pada makanan bayi.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan pengetahuan aplikatif ibu tentang menu seimbang dengan kenaikan berat badan bayi 6-12 bulan. 

Desain penelitian ini analitik menggunakan pendekataan cross sectional. Populasinya adalah ibu bayi 6-12 bulan dan bayi 6-12 bulan di Desa Trucuk Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro dengan jumlah 25 bayi dan sampel 24 responden teknik simple random sampling. Variabel independen pengetahuan aplikatif ibu tentang menu seimbang pada bayi 6-12 bulan dan variabel dependen kenaikan berat badan. Instrumen pengumpulan data adalah kuesioner dan observasi,setelah data terkumpul kemudian dilakukan, editing,coding scoring dan tabulating, setelah itu diprosentase dan dianalisis dengan uji koefisien kontingensi dengan ρ < 0,05.

Hasil yang didapat dari penelitian ini bahwa pengetahuan aplikatif ibu tentang menu seimbang tahu 20,8% dan tidak tahu 79,2%, sedangkan berat badan bayi 6-12 bulan yang naik 37,5% dan tidak naik 62,5%. Dengan menggunakan uji koefisien kontingensi a = 0,001 (≤ a 0,05) berarti Ho ditolak.

Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan pengetahuan aplikatif ibu tentang menu seimbang dengan kenaikan berat badan bayi 6-12 bulan di Desa Trucuk Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro tahun 2010. Sehingga diharapkan bagi responden dapat meningkatkan pengetahuan aplikatif tentang menu seimbang dan mau menerapkan cara menyusun menu seimbang yang benar dengan ikut serta dalam penyuluhan kegiatan posyandu dengan rutin.


Kata kunci : Pengetahuan aplikatif, Menu Seimbang, Berat Badan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dalam Lingkaran Kami