Minggu, 23 Juni 2013

Hubungan Pengetahuan Tentang Polusi Udara Dengan Terjadinya Ispa Pada Masyarakat

ABSTRAK

ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut) termasuk penyakit menular dan sangat rawan terjadi pada masyarakat. Kejadian ISPA tersebut di penggaruhi beberapa faktor salah satunya tingkat penggetahuan masyarakat tetang polusi udara. Tujuan penelitian untuk menggetahui hubungan pengetahuan masyarakat tetang polusi udara dengan kejadian ISPA.

Desain penelitian menggunakan metode analitik dengan populasi seluruh masyarakat Desa Purworejo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro sebanyak 1671 orang, sampel sebanyak 193 responden, yang diambil dengan cara simple randon sempling. Pengambilan data variabel independent dan variabel dependent dengan menggunakan kuisioner yang kemudian di editing, coding, skoring, tabulating dan di analisa dengan menggunakan uji statistic spearman’s rho. 

Berdasarkan dari 193 responden sebanyak 32 responden yang mempunyai pengetahuan baik, sebagian besar tidak terjadi ISPA sebanyak 28 orang (87,5%), sedangkan dari 55 responden yang mempunyai pengetahuan kurang lebih dari sebagian terjadi ISPA yaitu sebanyak 37 orang (67,3%), dengan nilai kemaknaan α = 0,05, yang didapatkan hasil r = 0,000 < α.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan pengetahuan tentang polusi udara dengan terjadinya ISPA pada masyarakat yang bermukim di dekat jalan raya di Desa Purworejo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro. Berdasarkan hasil temuan diatas disarankan, bagi responden diharapkan mengetahui cara pencegahan untuk mengurangi terjadinya penyakit ISPA dengan memperhatikan pengetahuan tentang polusi udara.

Kata Kunci : Pengetahuan, ISPA, Masyarakat. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dalam Lingkaran Kami