Rabu, 19 Juni 2013

Makanan Sehat untuk Menurunkan Berat Badan


Oleh: Alberto Ardex

'Roy Kunisaki eating Balut' photo (c) 2007, Marshall Astor - license: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/2.0/Setiap orang yang bermasalah dengan berat badan pasti sudah akrab dengan istilah diet. Diet merupakan "pengaturan pola makan" yang berarti mengatur pola makan kita untuk menjadi lebih baik dengan mengkonsumsi makanan sehat. Tetapi kebanyakan orang mengartikannya sebagai pengurangan porsi makan dan menahan lapar karena dipercaya bisa menurunkan berat badan. Padahal pada kenyataannya, jika Anda mengurangi porsi makan Anda hanya dengan mengkonsumsi 1 sampai 2 kali sehari dengan porsi yang sangat kecil, memang terbukti dapat menurunkan berat badan Anda dalam waktu singkat. Tetapi tahukah Anda apa yang sebenarnya terjadi di dalam tubuh Anda?
Jika Anda mengkonsumsi makanan dalam porsi sedikit, maka tubuh Anda akan cepat terasa lelah, hal ini diakibatkan oleh proses metabolisme dalam tubuh Anda yang melambat. Perlu Anda ketahui bahwa dengan menerapkan strategi menurunkan berat badan seperti ini dapat berakibat fatal, karena 50% lemak dan 50% otot Anda akan berkurang. Hal ini terjadi karena lemak merupakan cadangan makanan tubuh yang akan tetap disimpan oleh tubuh untuk bertahan hidup. Ketika tubuh kita merasakan lapar, tubuh kita akan dihadapkan pada pilihan untuk membakar lemak atau otot.
Hal tersebut merupakan kebiasaan diet yang salah. Langkah awal yang perlu anda ketahui untuk menurunkan berat badan Anda adalah bagaimana membakar lemak yang ada dalam tubuh anda menjadi otot. Mengkonsumsi makanan sehat yang sewajarnya merupakan poin utama dalam hal ini. Untuk mengetahui porsi makan Anda yang sesungguhnya, cobalah mengkonsumsi makanan secara perlahan. Maksudnya, jika Anda biasanya mammpu menghabiskan spagetti atau nasi goreng dalam waktu 5 menit, maka habiskan makanan tersebut dalam waktu 20 menit atau lebih.
Tahukah Anda mengapa saya memberikan saran seperti itu? Tubuh memerlukan waktu 20 menit untuk memberitahu otak apabila kita sudah merasa kenyang. Dengan memperlambat proses makan anda, maka Anda akan merasa lebih cepat kenyang tanpa menunggu makanan tersebut habis Anda konsumsi. Selain itu, kita juga bisa mencegah pola makan yang berlebihan.
Untuk itu, dalam menjalankan program diet, Anda tidak perlu mengurangi porsi makanan sehat Anda, apalagi tidak mengkonsumsi lemak (lemak yang sehat). Lemak yang saya maksud adalah lemak yang berasal dari extra virgin olive oil, hazelnut, almond, alpukat, mente dan lain-lain.
Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat membantu menurunkan berat badan tanpa mengurangi porsi makanan sehat Anda setiap hari.
  • Mengkonsumsi makanan sehat sesuai dengan jadwal makan Anda (2 – 3 kali per hari), hal ini berfungsi untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah anda.
  • Hindari makan malam 2-3 jam sebelum tidur
  • Makanlah secara perlahan dan nikmati setiap suap makanan Anda
  • Lakukan gerakan sesudah makan, seperti jalan-jalan atau melakukan suatu kegiatan, hal ini dilakukan agar makanan sehat yang kita konsumsi tidak bertumpuk menjadi lemak
  • Makanlah makanan yang sehat, lemak yang sehat dalam jumlah yang cukup, tidak kurang dan tidak berlebih juga
  • Makanlah makanan asli, bukan makanan olahan atau makanan kemasan.
Semoga artikel ini dapat mengubah persepsi dan pandangan Anda mengenai diet sehingga Anda bisa menurunkan berat badan tanpa cepat merasa lapar.
Tentang Penulis:
Alberto Ardex adalah pengelola situs diet HealthyFoodOptions. Silakan mengunjungi situs penulis untuk mendapatkan lebih banyak tips mengenai diet dan makanan sehat.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dalam Lingkaran Kami