Kamis, 27 Juni 2013

Pengetahuan orang tua tentang imunisasi Di luar program pemerintah di desa mulyoagung kecamatan singgahan

ABSTRAK

Imunisasi merupakan upaya meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu antigen, agar nantinya tidak terpajan oleh penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Tujuan penelitian menggambarkan pengetahuan orang tua tentang imunisasi diluar program pemerintah di Desa Mulyoagung Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban. 

Desain penelitian deskriptif, populasi ibu yang mempuyai anak usia imunisasi (0-12 tahun) di Desa Mulyoagung Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban Tahun 2010, jumlah populasi 126 ibu, purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang kemudian dilakukan editing, coding, scoring, dan tabulating. Analisis data dengan menggunakan mean, median, modus dan disajikan dalam prosentase. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 93 responden sebagian besar tahu tentang pengertian imunisasi diluar program pemerintah sebanyak 75 orang (80,65%), seluruh responden tidak tahu tentang jadwal pemberian imunisasi diluar program pemerintah sebanyak 93 orang (100%). mean paling banyak pada pengetahuan tentang efek samping imunisasi yaitu 1,55, seluruh responden dengan nilai median 1,00 (tahu) dan modus paling sedikit pada pengetahuan tentang manfaat imunisasi yaitu 0 (tidak tahu). Sehingga didapatkan dari 93 responden seluruhnya (100%) tidak tahu tentang imunisasi diluar program pemerintah. 

Sebagian besar pengetahuan orang tua tentang imunisasi diluar program pemerintah di Desa Mulyoagung Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban tahun 2010 tahu tentang pengertian imunisasi diluar program pemerintah dan seluruh responden tidak tahu tentang jadwal pemberian imunisasi diluar program pemerintah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa seluruh responden tidak tahu tentang imunisasi diluar program pemerintah. Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Desa Mulyoagung khususnya tentang imunisasi diluar program pemerintah maka perlu diadakan program-program penyuluhan dari puskesmas setempat serta memberikan fasilitas pelayanan kesehatan terutama untuk imunisasi diluar program pemerintah sehingga masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan pelayanan imunisasi diluar program pemerintah.

Kata Kunci : Pengetahuan, Imunisasi diluar program pemerintah
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dalam Lingkaran Kami