Minggu, 23 Juni 2013

Perbedaan Kecemasan Pada Wanita Menopause Sebelum Dan Sesudah Hipnoterapi

Menopause adalah haid terakhir yang dialami oleh wanita yang masih dipengaruhi oleh hormon reproduksi yang terjadi pada usia menjelang/memasuki usia lima puluh tahunan, pada masa ini banyak terjadi perubahan-perubahan pada diri wanita menopause, salah satunya adalah berhentinya siklus menstruasi yang dirasakan sebagai hilangnya sifat inti kewanitaannya karena sudah tidak dapat melahirkan anak lagi, Akibat lebih jauh adalah timbulnya perasaan tak berharga, tidak berarti dalam hidup. Perasaan itulah yang sering kali dirasakan wanita pada masa menopause, sehingga sering menimbulkan kecemasan. 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kecemasan pada wanita menopause sebelum dan sesudah hipnoterapi. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group prettest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah wanita menopause berusia 48-52 tahun yang ada di Desa Pakunden Wilayah Kerja Pesantren II Kota Kediri. Dalam penelitian ini sampling yang digunakan adalah cluster sampling, dengan besar sampel sebanyak 44 responden. Dari penelitian ini didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa terjadi perbedaan kecemasan pada wanita menopause sebelum dan sesudah hipnoterapi dimana Zhitung > Ztable yaitu 5,09 > 1,96.

Peneliti memberikan saran pada tenaga kesehatan untuk mau mempelajari hipnoterapi karena hipnoterapi dapat menurunkan kecemasan pada wanita menopause. Dan hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya. 

Kata Kunci : Perbedaan, Hipnoterapi, Menopause, Kecemasan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dalam Lingkaran Kami