Kamis, 13 Juni 2013

Study komparasi keteraturan pemeriksaan kehamilan antara ibu hamil primigravida Dengan multigravida

ABSTRAK

Pemeriksaan kehamilan adalah pengawasan sebelum persalinan terutama ditujukan pada pertumbuhan dan perkembangan janin dalam rahim. Pada umumnya primigravida sering memeriksakan kehamilannya ketenaga kesehatan untuk mengetahui keadaan kehamilannya dan perkembangan janin yang dikandungnya, sedangkan multigravida jarang sekali memeriksakakan kehamilannya karena mereka beranggapan kehamilannya sering sama seperti kehamilan sebelumnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahuai perbedaan keteraturan pemeriksaan kehamilan antara primigravida dengan multigravida di Desa Kedungrejo Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro.

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik study komparatif, menggunakan pendekatan retrospektif. Jumlah populasi sebanyak 93 responden dengan sampel 74 responden terdiri dari 37 primigravida dan 37 multigravida. Sampling yang digunakan probability sampling (simple random sampling) data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif dalam bentuk tabel. Sedangkan untuk mengetahui program variabel bebas terhadap variabel terkait digunakan analisis statistik Chi Square menggunakan software SPSS 15.00.

Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar ibu hamil primigravida teratur 32 orang (86,5%) dalam melakukan pemeriksaan kehamilan dan lebih dari sebagian multigtavida tidak teratur yaitu 21 orang (56,8%) dalam melakukan pemeriksaan kehamilan, jadi ada perbedaan keteraturan pemeriksaan kehamilan antara ibu hamil primigravida dengan multigravida dengan nilai sig. 0,000 maka H0 ditolak. 

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada perbedaan keteraturan pemeriksaan kehamilan antara ibu hamil primigravida dengan multigravida di Desa Kedungrejo Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Dengan mengetahui masih terdapat ibu multigravida yang memeriksakan kehamilannya tidak teratur diharapkan pada petugas kesehatan terutama bidan setempat untuk lebih meningkatkan promosi kesehatan terutama tentang pentingnya pemeriksaan kehamilan



Kata kunci : Primigravida, Multigravida, Keteraturan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dalam Lingkaran Kami