Minggu, 07 Juli 2013

Gambaran Tingkat Kepatuhan Perawat Dalam Pelaksanaan Protap Pemasangan Kateter

ABSTRAK

Protap atau SOP (Standart Operating Procedure) adalah tata cara tahapan yang harus dilalui oleh suatu proses kerja tertentu sehingga proses itu dapat diselesaikan secara efektif dan efisien. Perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan diharapkan sesuai dengan prosedur tetap yang berlaku di instansi tempat bekerja. Sebab kepatuhan ini harus mengacu pada kemampuan mempertahankan program-program yang berkaitan dengan promosi kesehatan yang ditentukan oleh penyelenggara perawatan kesehatan. Tujuan penelitian menggambarkan tingkat kepatuhan perawat dalam pelaksanaan protap pemasangan kateter di RSUD Kelas B Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro. 

Desain penelitian deskriptif, populasi semua perawat pelaksana di Ruang Medical Surgical (Anyelir, Asoka, Flamboyan) RSUD Kelas B Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Kabupaten Bojonegoro tahun 2010, dengan jumlah sampel 35 orang yang diambil dengan total sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi yang kemudian dilakukan editing, coding, scoring, dan tabulating. Analisis data dengan menggunakan analisa deskriptif dan disajikan dalam prosentase. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 35 responden sebagian besar patuh terhadap pelaksanaan protap pemasangan kateter sebanyak 30 responden (85,7%). 

Dalam pelaksanaan pemasangan kateter banyak perawat yang telah mematuhi protap yang ditetapkan. Hal itu dikarenakan bila dalam pemasangan kateter tidak sesuai dengan protap yang telah ditetapkan dapat menimbulkan berbagai masalah seperti infeksi nosokomial Hal itulah yang menjadikan pelaksanaan protap pemasangan kateter terlaksana dengan baik. Kepatuhan yang ada pada tiap-tiap perawat tersebut dapat meningkatkan dan mempertahankan mutu pelayanan kepada masyarakat.



Kata Kunci : Protap, Perawat, Kateter.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dalam Lingkaran Kami