Senin, 11 November 2013

Penyebab dan Solusi Atasi Bibir Pecah - Pecah

Cheilitis atau biasa disebut bibir pecah- pecah adalah suatu kondisi yang sering dialami oleh kebanyakan orang. biasanya masalah ini dapat di atasi berbagai langkah yang sederhana walaupun kadang pada kondisi tertentu perlu penanganan dokter . 


Beberapa penyebab dari bibir pecah - pecah atau Cheilitis adalah sbb:

  1. Gangguan pencernanan : biasanya pada penderita tyfoid yang mengalami panas tinggi sering menyebabkan bibir pecah2, hal ini mengharuskan penderitanya harus segera berkonsultasi pada ahlinya.
  2. Dehidrasi : dehidrasi tidak bisa dilembapkan dengan air liur. Alasannya, menurut drg. Willy Djoko P., Sp.PM, dari Cosmodenz, Dental Health Care & Aesthetic, kandungan air liur – sebagian besar terdiri dari air, lalu elektrolit, enzim dan komponen antibakterial – tidak dapat mengurangi penguapan kadar air dari bibir. 
  3. Obat-obatan/suplemen: vitamin A/obat-obatan retinoid, lithium (untuk pengobatan masalah kejiwaan) dan obat kemoterapi.
  4. Cuaca: kurangnya kelembaban udara dan paparan sinar matahari, terutama bila juga mengalami dehidrasi atau sedang berpuasa.

TIPS PENCEGAHAN

langkah yang sering dilakukan untuk menangani bibir pecah pecah yang mudah dan dapat dilakukan sendiri dirumah oleh setiap orang adalah sbb :

  • Menjaga kelembaban bibir dengan
  1. memperbanyak minum air putih
  2. Menghindari sinar matahari. Bibir Anda tidak mengandung melanin yang melindungi dari sinar matahari sehingga lebih mudah terbakar dibandingkan bagian kulit lain. Bila Anda harus berjemur di bawah sinar matahari, lakukan pencegahan dengan pelembab yang mengandung tabir surya SPF=15 atau lebih. 
  • Periksa pasta gigi/obat kumur Anda. Ketika bibir pecah-pecah, pasta gigi/obat kumur yang mengandung menthol, ekaliptus, dan semacamnya dapat mengiritasi bibir. Untuk sementara, gantilah dengan pasta gigi/obat kumur yang lebih lembut. 
  • Kendalikan naluri untuk menjilati bibir Anda yang pecah-pecah karena hanya akan membuatnya lebih buruk. 
  • Jangan menggosok, mengelupas, atau menggigit serpihan kulit di bibir karena dapat menyebabkan perdarahan, memudahkan infeksi dan memperlambat penyembuhan. 
  • Bernapaslah melalui hidung. Pernapasan melalui mulut dapat menyebabkan bibir Anda mengering. 

Jika dengan cara pencegahan diatas bibir anda masih mengalami pecah - pecah,  anda bisa mencoba 6 tips merawat bibir dengan cara tradisional;

  1. Mentega atau minyak kelapa : Oleskan minyak kelapa atau mentega pada bibir Anda setiap kali terlihat kering. Asam lemak dalam minyak kelapa dapat menyembuhkan kulit kering pada bibir dan melembapkannya. Selain itu, mentega dan minyak kelapa juga membantu menyingkirkan warna bibir yang gelap. 
  2. Irisan mentimun : Mentimun mengandung banyak air. Pijat bibir Anda dengan irisan mentimun sebanyak dua kali sehari untuk mengobati bibir kering. Mentimun mengandung banyak vitamin C yang dapat melembapkan bibir Anda.
  3. Madu : Ambil setetes madu pada ujung jari Anda dan pijat bibir kering Anda dengan itu. Madu dapat melembutkan dan melembapkan bibir Anda, serta mencegahnya dari retak.
  4. Tomat : Pijat bibir Anda dengan sepotong irisan tomat. Tomat dapat menyembuhkan masalah bibir kering secara alami. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes madu pada irisan tomat tersebut sebelum mengoleskannya pada bibir. 
  5. Ekstrak lidah buaya : Selain merawat kulit kering, ekstrak lidah buaya juga dapat dioleskan pada bibir kering dan pecah-pecah. Ekstrak lidah buaya juga membantu dalam melembapkan dan menjaga kulit tetap lembut. 
  6. Hindari lipstik : Lipstik dapat mengeringkan bibir dan membuatnya semakin pecah-pecah. Jika bibir Anda kering, hindari pemakaian lipstik atau pemulas bibir berbahan kimia lainnya, seperti lip balm dan lip gloss, untuk sementara waktu. 

Jika semua langkah diatas sudah di ikuti namun bibir anda masih tetap pecah pecah dan tidak kunjung membaik sebaiknya anda harus segera konsultasikan ke dokter anda untuk mengidentifikasi adanya infeksi atau penyebab lain.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dalam Lingkaran Kami