Selasa, 28 Januari 2014

Pesona Pantai Papuma

ekarahayu.web.id :Pagi hari yang diselimuti mendung nampaknya akan mengiri perjalanan kami sekeluarga untuk  memenuhi hasrat rasa penasaran saya dan keluarga tentang keindahan  Pantai PAPUMA.

Mengawali perjalanan dari kampung halaman  menunjukkan pukul 06.00 wib mulailah kami sekeluarga keluar dari gerbang utuk menuju mobil yang memang sudah disiapkan oleh suami di tepi jalan  depan rumah.

Saat keluar rumah. Terlihat cuaca yang memang kurang bersahabat , nampak awan tebal menyelimutu langit kampung halaman. namun tebalnya awan tidak mengecilkan tekat bulat kami sekeluarga untuk tetap melanjutkan perjalanan menuju pantai papuma.

Selama perjalanan kami memutuskan untuk mematikan AC karena  cuaca sangat dingin bahkan sinar matahari tidak nampak mengiringi perjalanan kami  meskipun jam sudah menjukkan pukul 08.00  wib. mungkin suasana  pegunungan dengan hutan pinus yang lebat yang diapit pengunungan membuat kami merasa nyaman dalam perjalanan.

ditengah berjalanan kami sepat berhenti sejenak untuk sekedar mengisi BBM di salah satu SPBU kota jember setelah bensin penuh kami sekeluarga tidak langsung menlanjutkan perjalanan tetapi kami memutuskan untuk duduk-duduk santai di gasebo SPBU kurang lebih setengah jam dan baru kami melanjutkan perjalanan menuju pantai Papuma.

Pukul 10.00 Wib kami sudah mulai memasuki kawasan hutan  dekat pantai papuma , karena pantai papuma masuk kekuasaan KPH Jember jadi semua yang mengelola adalah Perhutani   namun kali ini beda hutan jati yang terlihat lebat dengan diameter yang cukup besar namun semua nampak  kering . kelihatannya hutan ini mau segera dipanen.

setelah memasuki kawasan hutan jati yang kering selama kurang lebih 4 KM kami di hadang oleh petugas Perhutani yang menjaga Pos penarikan retribusi  untuk satu orangnya Rp. 15.000 harga yang cukup mahal dibandingkan dengan harga tiket di pantai lain yang pernah kami kunjungi dengan rata-rata harga tiket masuk perorangnya hanya Rp. 5000. Mungkin waktu saya berkunjung bertepatan dengan hari minggu sekaligus waktu libur sekolah sehingga mempengaruhi harga tiket.

setelah melewati pos  dan membanyar retribusi kami langsung melanjutkan perjalanan menuju pantai yang jaraknya kurang lebih 3 Km dari pos penjagaan. Akses masuk menuju pantai papuma  membutuhkan kewaspadaan bagi pengemudi dikarenakan banyaknya tanjakan dan tikungan tajam.

sekitar 15 menit perjalanan dari pos kami sudah sampai di area parkir pantai yang ternyata sudah penuh dengan kendaraan motor , mobil pribadi  dan bus pariwisata sehingga kami kesulitan untuk memarkirkan mobil.

di pantai...................
setelah turun dari mobil kami langsung menuju bibir pantai dan bermain ombak.
Pantai Papuma dengan butiran pasir putih yang bersih ditambah lagi  bebatuan besar di tengah pantai serta pulau-pulau kecil menambah nilai eksotis Pantai Papuma .

debuaran ombak di pantai ini tergolong sedang jika dibandingkan dengan pantai selatan lainnya seperti pantai Plengkung dan pantai Grajakan di Banyuwangi  serta beberapa pantai selatan di wilayah Gunung Kidul Jogjakarta seperti pantai Indrayanti dan pantai Kukup  ombak di Pantai Papuma tergolong sedang .

setelah 4 jam bermain dengan ombak dan berfoto kami  membersihkan diri menghilangkan pasir putih yang masih menempel di badan dan meninggalkan Pantai Papuma untuk melanjutkan perjalanan.

untuk sobat blogger yang ingin tanya tentang pantai papuma bisa komen dibawah.
Bagi yang sudah pernah kepantai papuma dan belum sempat menulis diblog pribadi silahkan share.
untuk jelajah  pantai lainnya saya posting disini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...