Minggu, 16 Maret 2014

Cara Alami Meningkatkan produksi ASI

Beberapa cara untuk meningkatkan produksi ASI antara lain :
*      Menyusui sesering mungkin karena dengan isapan mulut bayi ke puting susu sampai areola akan menstimulasi dan merangsang payudara sehingga produksi ASI akan meningkat dengan sendirinya.
*      Mengosongkan kedua payudara saat menuyusui, maksutnya menyusui bayi dengan cukup lama ±1 jam agar ASI dalam payudara terhisap semuanya oleh bayi.
*      Mengkolaborasikan antara puting kiri dan kanan sehingga volume ASI yang keluar akan tetap seimbang.
*      Memijat payudara saat bayi malas menghisap untuk meneruskan aliran ASI saat bayi sudah tidak minum sendiri. Jika ibu mengalami mastitis, ibu juga dapat massase atau pemijatan payudara dan kompres air hangat atau dingin secara bergantian.
*      Menghindari pemberian susu formula karena akan menyebabkan ASI semakin tidak lancar. Biasanya bayi relatif malas menyusu atau malah bingung puting, terutama pemberian susu formula dengat dot. Begitu bayi diberikan susu formula, maka saat ia menyusu pada ibunya sudah merasa kekenyangan sehingga volume ASI makin berkurang dihisap dan makin sering susu formula diberikan maka sedikit ASI yang diproduksi.
*      Menghindari penggunaan dot, empeng,dan sejenisnya. Sebaiknya jika ibu ingin memberikan ASI peras atau pompa sebaiknya diberikan dengan sendok .
*      Menganjurkan ibu untuk selalu berfikiran tenang, tentram dan santai saat menyusui bayi nya karena dengan kondisi seperti ini sibayi pun akan ikut merasakan keadaan yang rileks sehingga bayi dapat menyusu dengan nyaman tanpa tersedak.
*      Menghindari posisi tidur yang mengganggu kelancaran ASI, misalnya tidur dengan posisi telungkep ini dapat menekan payudara dan menurukan produksi ASI.
*      Memilih alat kontrasepsi yang sesui saat sedang menyusui
*      Saat menyusui sebaiknya tidak merokok karena selain menurunkan produksi ASI nikotin dalam rokok dapat ikut masuk kedalam aliran ASI sehingga dapat meracuni si bayi.
*      Mengunjungi klinik laktasi dan tidak ragu untuk berkonsultasi dengan konsultan laktasi karena dengan cara seperti ini akan mendapatkan masukan dan pembelajaran secara teknis agar produksi ASI tetap optimal.
*      Mengkonsumsi makanan gizi seimbang yang mengandung kalori, protein, vitamin C, kalsium, sayur-sayuran, buah-buahan,karbohidrat, lemak, dan garam agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan bayi serta menjamin pembentukan air susu yang berkualitas utuk kebutuhan bayinya.
*      Mengatur suplay cairan dalam tubuh, karena pada saat menyusui sangat dibutuhkan cairan untuk menghasilkan air susu dengan cepat, hampir 90% air susu ibu terdiri dari air. Minimal minum 8 gelas air per hari. Namun jika minum >12 gelas per hari juga tidak baik karena dapat menurunkan pembentukan air susu.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dalam Lingkaran Kami