Jumat, 14 Maret 2014

Faktor Sukses Pemberian ASI Eksklusif

Faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pemberian ASI diantaranya :


1.      Faktor kejiwaan
Untuk produksi ASI yang baik, maka kondisi kejiwaan dan pikiran harus tenang karena keadaan psikolog ibu yang tertekan sedih dan tegang akan menurunkan volume ASI sehingga sikap rileks percaya diri sangat diperlukan untuk merangsang produktifitas ASI secara signifikan.
2.      Dukungan Suami
Dukungan suami memberikan rangsangan psikologis yang tenang dan bahagia sehingga ibu lebih bersemangat dan bergairah untuk menyusui buah hatinya.
3.      Pelekatan yang benar
Kuantitas produksi ASI banyak ditentukan oleh masalah teknis yaitu cara menyusui yang benar, misalnya isapan bayi pada puting dan areola saat bayi menghisap puting areola maka syaraf arafent akan merangsang hipofise anterior untuk memproduksi prolaktik yang nantinya akan merangsang sekresi ASI.
4.      Daun katuk dan jamu
Berdasarkan uji kefarmasian daun katuk memliki kandungan zat yang dapat meningkatkan produksi ASI. Setelah melalui tahapan tertentu daun tersebut dapat diminum berupa kaplet atau kapsul.
5.      Faktor emosi dan sosial lain
Terdapat beberapa faktor emosional dan sosial yang mempengaruhi sukses menyusui. Salah satu faktor diantaranya adalah nasehat dan pengalaman selama masa kehamilan dan persalinan. Selain itu nila-nilai dalam masyarakat juga sebagai faktor penting penunjang keberhasilan menyusui. Dalam masyarakat yang menganggap tak lazim menyusui lapas anak usia satu tahun, biasanya ibu menyapih sang anak bila tak kuat dengan tatanan norma yang berlaku.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dalam Lingkaran Kami