Kamis, 12 Juni 2014

Perilaku Anda Saat Ini Memengaruhi Kesehatan Hingga 20 Tahun Ke Depan


Keputusan yang Anda buat hari ini mengenai kesehatan dan kebugaran dapat membantu memprediksi kesehatan Anda secara keseluruhan selama hampir 20 tahun ke depan, menurut penelitian baru dari Karlsruhe Institute of Technology di Jerman.

Penelitian jangka panjang tersebut dilakukan antara tahun 1992 dan 2010, yang melibatkan 243 perempuan dan 252 laki-laki dengan usia rata-rata 45 tahun di awal studi. Para peserta diminta menyelesaikan kuesioner dan menjalani tes medis dan kebugaran di tahun 1992, 1997, 2002 dan 2010. Untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan dan kebugaran para peserta, para peneliti menggunakan “model biopsikososial” yang terdiri dari empat tahap. Tahap pertama meliputi faktor lingkungan, seperti status sosial ekonomi dan latar belakang migrasi . Tahap kedua terdiri dari faktor personal, termasuk dukungan sosial dan strategi mengelola stres. Tahap ketiga terdiri dari faktor kebiasaan seperti merokok, latihan fisik dan pola makan. Tahap keempat meliputi kebugaran fisik dan kesehatan.

Hasil analisis menunjukkan bahwa semua faktor dalam keempat tahap memiliki dampak langsung dan tidak langsung terhadap kebugaran fisik dan kesehatan peserta pada awal penelitian. Namun, hanya pola makan dan kebiasaan latihan fisik peserta yang berdampak jangka panjang pada kebugaran mereka pada akhir penelitian di tahun 2010.

Studi ini menunjukkan bahwa mengembangkan kebiasaan sehat sejak dini adalah penting untuk menjadi dewasa yang sehat dan mencegah berbagai masalah kesehatan, kata para peneliti. Mereka mengatakan akan melakukan penelitian lebih lanjut untuk lebih memahami bagaimana perilaku kesehatan dan kebugaran memengaruhi kesehatan jangka panjang.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Dalam Lingkaran Kami